Karakteristik Media Tanam Yang Dapat Digunakan Dalam Pembudidayaan Tanaman.

Oke bunda, jika membahas tanaman siapa sih yang akan menolaknya. Semua pasti meyukai tanaman hias. Terlebih lagi jika dapat bercocok tanam di rumah sendiri iyaa kan? media tanam menjadi pusat utama bagi bunda yang mempunyai kegemaran untuk berkebun. Dalam berkebun atau bercocok tanam biasanya menggunakan media tanam. Media tanam jadi diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk mengembangkan atau menumbuhkan sebuah tanaman. Dengan menggunakan media tanam maka pertumbuhan tanaman akan mendapatkan nutrisi sehingga tanaman akan tumbuh dengan sehat.

Terdapat beberapa jenis media tanam yang bisa digunakan untuk menanam tananam. Nah jika ingin bercocok tanam maka hal penting yang harus diperhatikan dengan baik ialah pemilihan karakteristik media tanam. Karena dengan memilh jenis media tanam yang berkualitas bagus maka hasil tanamannya pun tidak mengecewakan.

Dalam membuat media tanam siap pakai yang paling utama ialah unsur hara dan bahan pengikatnya. Media tanam siap pakai memiliki unsur yang sangat baik untuk tanaman. Nah bunda toko kami menyediakan macam-macam produk organik dan beberapa jenis media tanam jadi, contohnya seperti sekam bakar, cocopeat dan sebagainya. Kenapa bahan tersebut baik digunakan dalam media bercocok tanam apa kelebihannya. Mari simak penjelasannya:

  1. Cocopeat

Cocopeat termasuk salah satu jenis media tanam jadi. Cocopeat merupakan serat alami dari sabut kelapa. Sabut kepala yang dimanfaatkan dengan baik akan menjadi nilai tambah yang menuntungkan. Lalu bagaimana cara membuat cocopeat untuk menjadi media tanam jadi? Langkah awalnya yiatu serat dari sabut kelapa di cuci dulu, setelah itu dikeringkan dengan menggunakan mesin, setelah selesai selanjutnya di ayak dan dipisahkan dari pasir. Selain tanah yang menjadi bahan utama dalam bercocok tanam, cocopeat ialah pilihan yang tepat sebagai pengganti tanah. Tanami menyiapkan cocopeat yang sudah siap digunakan dalam media tanam dan sudah berbentuk menjadi serbuk yang halus.

  1. Sekam bakar

Sesuai dengan namanya “bakar”. Sekam bakar berasal dari bakaran sekam padi. Sekam bakar memiliki warna hitam karena telah mengalami proses pembakaran. Dan hasil hitam tersebut karena sekam padi yang telah dibakar menjadi abu. Sekam bakar ini memiliki manfaat yaitu bisa menggemburkan tanah. Selain itu juga biasa digunakan dalam pengganti pupuk.

  1. Media tanam jadi siap pakai

Media tanam jadi siap pakai yang artinya media ini langsung dapat digunakan untuk bercocok tanam. Media tanam siap jadi mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen dalam tanaman. Sehingga dengan begitu tanaman bisa berkembang tumbuh dengan sehat. Beberapa komponen yang diperlukan dalam membuat media tanam jadi siap pakai yaitu media tanam, unsur hara serta bahan pengikat.

  1. Kohe kambing

Kohe kambing atau biasa dikenal dengan kotoran hewan yang berasal dari kambing. Kotoran kambing ini masih baru dan panas karena didalamnya mengandung amoniak yang tinggi. Oleh karena itu, tidak baik jika langsung digunakan untuk tanaman. Maka dari itu butuh proses fermantasi untuk mengurai bahan yang terdapat di dalam kotoran kambing tersebut. jika kohe kambing sudah mengalami tahap fermentasi maka kohe kambing dapat dijadikan sebagai sumber unsur hara yang dapat diserap dengan mudah oleh tanaman.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga dapat membantu bunda dalam memilih jenis media tanam apa yang cocok untuk kebutuhan anda.